Selasa, 27 Mei 2014

Bab IV Skripsi

BAB IV
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Dari pemaparan di atas berdasarkan penemuan-penemuan dalam penelitian ini terhadap nilai-nilai Islam inklusif yang digagas Abdurrahman Wahid dalam upaya menciptakan kehidupan masyarakat Indonesia yang harmonis ditengah berbagai perbedaan yang ada. Secara umum penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:
1.      Nilai-nilai Islam inklusif Abdurrahman Wahid dirumuskan atas dua macam nilai, yaitu nilai-nilai pluralisme dan nilai-nilai humanisme dalam kehidupan sosial beragama. Nilai-nilai pluralisme dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sosial beragama dengan menumbuhkan sikap toleransi, kritis, serta keterbukaan guna mewujudkan kerukunan beragama ditengah masyarakat yang plural. Keemudian untuk nilai-nilai humanisme dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sosial beragama dengan menumbuhkan sikap kasih dan sayang terhadap sesama manusia tanpa pernah melihat latar belakang agamanya. Abdurrahman Wahid lebih menekankan pada adanya keseimbangan antara hubungan manusia dengan Tuhannya serta hubungan manusia dengan sesama manuia sehingga akan tercipta seoarang individu yang mempunyai sikap kesalihan normatif dan sosial.
2.      Berangkat dari  nilai-nilai Islam inklusif, Abdurrahman Wahid menyerukan pandangan humanismenya ditengah pluralisme yang ada di negeri ini demi tercapainya kehidupan beragama yang harmonis. Kemudian apabila nilai-nilai Islam inklusif tersebut diaktualisasikan ke dalam pendidikan Islam maka akan terlihat beberapa aspek sebagai berikut:
a.       Aspek manusia, dalam aspek ini menekankan nilai-nilai kemanusiaan di tengah keragaman yang ada. Dalam pelaksanaannya nilai-nilai tersebut dikembangkan dalam diri guru atau pendidik dan peserta didik atau siswa.
b.      Aspek kurikulum, dalam aspek kedua ini terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan secara signifikan. Hal-hal tersebut yaitu meliputi aspek materi dan evaluasi dalam pembelajaran.
c.       Aspek metode, dalam aspek metode ini terdapat alternatif metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, seperti metode dialogis, metode inovatif dan metode keteladanan.

B.     Saran
Dengan adanya penelitian ini penulis menyarankan kepada siapa saja yang turut andil dalam pendidikan Islam, baik itu guru sebagai pendidik dan steakholder yang mewadahi lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam, ataupun tokoh masyarakat agar mampu mengembangkan pendidikan Islam berparadigma inklusif dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga akan terbentuk peserta didik yang kritis, toleran terhadap berbagai perbedaan yang ada di tengah masyarakat, serta mampu bersikap kasih sayang terhadap sesama manusia tanpa melihat latar belakang agamanya. Sebuah proses pembelajaran yang mencetak peserta didik yang bisa menghargai keragaman akan sebuah agama namun disi lain tidak kehilangan jati diri agamanya sendiri.
Kepada kalangan akademisi hendaknya melakukan kajian lebih mendalam tentang nilai-nilai Islam inklusif ini terutama nilai-nilai Islam inklusif  yang digagas oleh Abdurrahman Wahid. Dengan pengkajian  yang lebih lanjut akan memberikan alternatif solusi untuk masalah perselisihan agama yang terjadi di Indonesia.

C.     Kata Penutup
Segala puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha  Pengasih dan Penyayang, yang senantiasa memberikan rahmat serta hidayah-Nya dan kesehatan kepada penulis, sehingga dalam penulisan skripsi ini diberikan kemudahana dan kelancaran. Dengan demikian, akhirnya penulis dalam penyelesaian tugas akhir (skripsi) ini dapat diselesaikan dalam waktu yang diridhai Allah SWT.
Shalawat serta salam penulis haturkan kepada jujungan Nabi Besar Muhammad SAW, dengan kesabaran dan keeguhan hati, Beliau telah menunjukan jalan (agama) yang lurus, sehingga memberikan petunjuk bagi penulis dalam mengetahui sesuatu yang haq dan yang bathil.
Seperti kata peribahasa “Tak ada manusia yang Sempurna”. Demikian juga dengan penulisan skripsi ini, penulis menyadari bahwa sebagai insan yang tidak bisa lepas dari kekhilafan dan kesalahan, maka sudah tentu ada dan terdapat kekurangan dan kelemahan dalam penulisan skripsi ini. Oleh karena itu, penulis  berharap ada kritik dan saran bermanfaat dari para pembaca untuk perbaikan atau melengkapi karya ini.
Akhir kata, penulis hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang telah mendukung dan membantu sehingga penulisan skripsi ini bisa terselesaikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar